Rabu, 03 September 2014

Yesus peduli sampai pada hal yang membuat anda jengkel, karna Ia juga merasakannya

Markus 4:38-40  
Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?"
Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"

            Siapa bilang Yesus hanya peduli pada hal yang besar dalam hidup anda? Ia bahkan merasakan gatal karena gigitan nyamuk di kaki anda, Ia begitu peduli pada hal-hal yang membuat anda jengkel.
Terkadang karena perasan jengkel, anda justru merasa bersalah dan berpikir anda sudah berdosa. Hehehe... padahal Ia mengerti anda adalah anakNya, mana mungkin Ia menulis dosa anda pada 'Buku catatan yang baik dan jahat' dengan wajah yang marah hanya karena anda jengkel. Justru karena anda jengkel Ia mau menghibur anda dan menyembuhkan gatal gigitan nyamuk itu.
Masa Tuhan mau peduli pada hal yang seperti itu?
       Saudara anda adalah anakNya, bayangkan seorang ayah yang baik tidak mungkin tidak peduli bahkan dengan gigitan nyamuk. Tuhan mengerti terhadap hal-hal kecil yang mempengaruhi perasaan anda. Bayangkan saudara bahwa hal-hal besar saja dalam hidup anda Ia peduli, bagaimana dengan hal kecil bandingkan Matius 10:30  Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Bahkan rambut dikepalamu Ia tau semua jumlahnya
       Suatu saat saya sedang mencuci baju di mesin cuci, tiba-tiba saya merasakan ada bau tak sedap semacam bau bangkai di dalam mesin, segera saya menguras air di bak penampungan mesin cuci, dugaan saya ada tikus mati tersembunyi di salah-satu baju atau tikus  di dalam bak yang tidak bisa keluar lagi setelah masuk. Dua kali saya menguras bak airnya sekaligus memeriksa disekitar mesin cuci itu apakah ada bangkai disekitarnya. Ternyata setelah kurang lebih setengah jam akhirnya saya menemukan penyebabnya ternyata ada 3 ekor ikan yang dicuri tikus dan sudah membusuk disembunyikan dibelakang mesin, hati saya sudah mulai jengkel. Setelah membereskan bangkai itu dan mengepel lantainya saya bermaksud melanjutkan cucian saya, namun ternyata mesin cuci rusak dan tidak mau beroperasi normal. Saya mencoba berkali-kali namun hasilnya sama, mesin ngadat. Perasaan saya sudah begitu jengkel. Sambil mencoba menenangkankan diri saya membiarkan mesin itu, saya mulai berdoa kepada Tuhan didalam hati sambil melanjutkan aktifitas siang itu, merasa agak tenang, saya coba untuk membuat cemilan sore itu, saya memblender buah namun sekali lagi blender mengeluarkan asap, dan setau saya jika motor listrik (alat untuk mesin yang beroperasi dengan putaran) rusak maka selanjutnya adalah ke bengkel atau ganti baru. Bisa anda bayangkan hari itu betapa jengkelnya aku dibuat tak bisa 'berkreasi'. Namun sekali lagi saya teringat bahwa Tuhan Yesus peduli saya sekalipun saya jengkel. Akhirnya saya hanya berdoa dalam hati dan berharap situasi akan segera membaik. Besoknya saya teringat lagi akan kejadian menjengkelkan itu, dengan sabar saya mendekati mesin cuci itu dan mulai memperkatakan 'kesembuhan' kapada mesin itu. Saya katakan "mesin engkau hanya ciptaan dan engkau tunduk pada penciptamu Yesus, hari ini aku katakan dalam otoritasku sebagai anak Tuhan engkau sembuh' saudara coba tebak yang terjadi kemudian, mesin itu jadi beroperasi, betapa senangnya hati saya.       
Setelah saya sudah bisa mulai mencuci saya teringat dengan blender, cepat-cepat saya cari blender itu dan memperkatakan hal yang sama, pertama kali coba tidak jadi namun setelah saya coba yang kedua kali blender itu jadi kembali beroperasi dengan baik. Puji Tuhan Yesus baik. Saudara lihatlah betapa Kuasa Yesus tidak hanya untuk hal-hal yang besar namun juga terhadap hal-hal yang membuat anda jengkel sekalipun itu hal kecil. Ia terlalu peduli dengan anda, walau mungkin itu kerusakan barang elektronik yang membuat anda resah sepanjang hari.
       Betapa kasih karunia Tuhan Yesus sanggup melawat kita, peduli dengan persoalan-persoalan kita. Mungkin bagi anda hanya sebuah gigitan serangga, atau tetangga yang ribut sampai anda tidak bisa tidur namun percayalah bahwa Yesus peduli, Ia mengerti dan mau menolong.
Seringkali bila berjalan bersama keluarga ke mall di akhir pekan, kami mendapati parkiran terisi penuh oleh kendaraan, di situ saya mulai memperkatakan 'saya adalah anak yang dikasihi Tuhan, Yesus sudah menyediakan tempat parkir terbaik' dan benar tak perlu repot jauh-jauh memarkir sering Tuhan Yesus memberikan tempat parkir terbaik dekat dengan pintu masuk mall. Kejadian ini sering saya alami. Saudara Berdoalah pada Yesus setiap saat, dan percaya bahwa Ia peduli pada anda.
Dengan belajar percaya padaNya, menaruh segala sesuatunya pada Yesus, anda sedang membuat Ia menunjukkan keIlahianNya sebagai Tuhan dan itulah Yesus. IA ADALAH TUHAN dalam semua hal dalam hidup anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar